Home » » Apa Itu Internet Marketing?

Apa Itu Internet Marketing?

loading...

Pengertian Internet Marketing secara garis besar adalah melakukan suatu tindakan pemasaran produk atau suatu jasa yang di pasarkan melalui media internet (online). Dalam Pengertian Internet Marketing di sebut juga e-marketing atau e-pemasaran (electronic) dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline. Internet Marketing (emarketing) adalah dari proses dan promosi dalam organisasi yang menggunakan media online.” (Wikipedia)

gambar internet-marketing

Berapa jumlah pengguna internet di Indonesia?

Menurut lembaga riset pasar e-Marketer,  populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.

Pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.

"Ponsel dan koneksi broadband mobile terjangkau mendorong pertumbuhan akses internet di negara-negara yang tidak bisa mengandalkan fixed line, entah karena masalah infrastruktur atau biaya," ujar analis senior eMarketer Monica Peart.

Apa pengaruh Pengguna Internet bagi Penjualan suatu produk?

Berapa banyak calon pembeli yang dapat dikumpulkan oleh seorang salesman dari sumber-sumber prospek diatas? Jika kita sudah menganggap cukup maka abaikan saja tulisan dibawah ini. Jika tidak, mengapa tidak kita manfaatkan internet untuk mencari prospek-prospek baru. Karena penggunanya cukup besar maka peluang untuk menjual dan mempromosikan suatu produk juga cukup besar.

Terus, apa gunanya kita melakukan internet marketing (pemasaran online)? Tujuannya adalah untuk mendapatkan profit dan membangun sebuah bisnis yang menguntungkan untuk jangka panjang. Bentuk internet marketing bisa kita bagi menjadi dua bagian, yaitu internet marketing sebagai sumber penghasilan, dan internet marketing sebagai media promosi.

Pertanyaan mereka adalah "Apakah dalam proses internet marketing, kita harus harus punya web / blog?"
Sebenarnya proses internet marketing itu bisa berjalan tanpa kita memiliki sebuah web/ blog. Kita bisa memanfaatkan beberapa media online yang gratis, seperti:
1. Media Sosial: Facebook, Twitter, Instagram (dan lainnya)
2. Forum online: Kaskus, Ads.id (dan lainnya)
3. Dan media online lainnya (ada banyak)

Misalnya, kita ingin menjual produk kita melalui media sosial Facebook. Kita bisa membuat sebuah Fans Page di Facebook untuk mempromosikan produk tersebut, lalu menawarkannya kepada pengguna Facebook. Kita juga bisa membuat thread jualan di forum Kaskus yang terkenal, atau bahkan kita bisa membuat lapak jualan di situs seperti Berniaga dan OLX.

TAPI...

Menurut pakar internet marketing, cara seperti itu kurang efektif bila tidak didukung oleh website / blog bisnis milik kita sendiri. Tujuan kita dalam membangun bisnis online adalah untuk mendapatkan profit dan bisa bertahan untuk jangka panjang. Nah untuk mendukung itu, maka kita perlu melakukan BRANDING.

Tujuannya adalah untuk memperjelas, memperkuat merk bisns atau produk yang kita jual di internet sehingga nantinya pelanggan akan mudah mengingat bisnis kita.

Nah salah satu cara untuk membangun BRAND adalah dengan membuat/ membangun sebuah web/ blog khusus untuk bisnis online kita. Di web tersebut kita bisa mencamtumkan informasi mengenai usaha yang kita jalankan, informasi produk yang kita jual, dan informasi lainnya yang memang perlu diketahui oleh calon pelanggan.

loading...

0 komentar:

Posting Komentar