Home » » 3 Efek Negatif Bekerja Online Di Rumah

3 Efek Negatif Bekerja Online Di Rumah

loading...

3 Efek Negatif Bekerja Online Di Rumah - Saat  ini kebanyakan dari kita yang bekerja secara online dan menghasilkan uang dari rumah akan menghadapi banyak masalah aneh yang spesifik. Permasalahan ini semakin lama akan semakin sering terjadi mengingat dari tahun ke tahun jumlah orang yang bekerja online dirumah akan semakin banyak.

Tren menghasilkan uang dari rumah dapat menimbulkan ancaman serius bagi keharmonisan rumah tangga dan kehidupan sosial kemasyarakatan apabila kita tidak dapat mengantisipasinya dengan segera. Karena bekerja dari rumah menggunakan internet atau bisnis online adalah seperti bekerja dalam lingkungan maya dan kantor maya, di mana segala sesuatu yang ada sekarang mungkin tidak ada lagi besok atau bahkan setelah beberapa menit kemudian.

3 Efek Negatif Bekerja Online Di Rumah

Berikut ini adalah kutipan dari Yogesh Bailwal, seorang pelaku bisnis online senior dari India, tentang 3 efek negatif bagi mereka yang bekerja online di rumah yang harus kita ketahui.

1.    Tidak ada waktu untuk keluarga atau semua waktu untuk keluarga

Semua orang yang menjalankan bisnis online  dan bekerja di rumah menyadari  masalah ini karena memang sangat sulit untuk menyeimbangkan antara pekerjaan online dengan keluarga.

Ada dua kondisi yang akan terjadi yaitu :

Pertama, ada kalanya tidak ada waktu bagi kita untuk bekerja secara online karena akan terlibat dalam satu permasalahan yang terjadi di rumah yang tidak dapat kita hindari sehingga  menjadi benar-benar sulit untuk berkonsentrasi pada bisnis online kita.

Kedua, pada kesempatan lain saat seorang pekerja online sedang sibuk dalam beberapa proyek online selama berjam-jam atau berhari-hari akan merasakan seolah-olah hampir tidak waktu untuk keluarga. Meskipun ia berada di rumah namun ia tidak menyadari apa yang sedang terjadi karena lebih focus untuk mengembangkan pekerjaan, lingkungan kantor di rumah dan setiap kali ada waktu luang kita lebih cenderung untuk berpikir tentang pekerjaan online-nya dan peluang mendapatkan uang.

2.    Tidak ada waktu atau tempat untuk bersantai

Rumah adalah tempat yang disebut 'Home sweet home', tempat kita melepaskan lelah, bercengkerama dengan keluarga dan melakukan aktifitas santai lainnya. Jika kita bekerja penuh waktu di rumah, dalam ruang yang sebelumnya digunakan untuk melepaskan lelah dan menggunakannya sebagai tempat untuk mendapatkan uang dan melakukan pekerjaan. Dimana dalam pekerjaan kita sering datang permasalahan yang datang dan pergi maka dengan 'bekerja online di rumah' kita tidak dapat menemukan tempat untuk bersantai lagi.

3 Efek Negatif Bekerja Online Di Rumah

Saat kita sedang menghadapi permasalahan dalam bisnis online atau sedang dalam tekanan pekerjaan, kita merasa tidak ada waktu lagi untuk bersantai dan tidak ada lagi tempat untuk bersantai, Sebagai gantinya kita keluar rumah mencari tempat hang out untuk melepaskan beban dan meninggalkan sejenak pekerjaan online.
Berbeda dengan sebelumnya, ketika kita bekerja diluar rumah, saat banyak permasalahan dan tekanan, kita akan menggunakan rumah kita sebagai tempat melepaskan lelah dan mencari jalan pemecahannya.

3.    Tidak ada interaksi sosial

Ketika kita mulai mendapatkan uang secara online dengan bekerja di rumah, kita hampir tidak waktu untuk keluar dari rumah, karena salah satu sifat manusia adalah serakah. Ketika kita mendapatkan uang lebih banyak maka kita akan lebih suka berada dirumah untuk bekerja lebih banyak dan mendapatkan uang lebih banyak lagi.

Di sisi lain jika kita tidak mendapatkan uang atau kehilangan uang maka kita akan membuat beberapa perubahan dan perbaikan dalam pekerjaan online, karena itu kita akan menghabiskan lebih banyak waktu online di rumah.

3 Efek Negatif Bekerja Online Di Rumah

Ini berarti kita tidak berinteraksi dengan masyarakat, karena kita hanya menghabiskan waktu di dalam masyarakat secara online atau dunia maya. Ini adalah salah satu kelemahan utama yang akan membawa perubahan besar dalam kehidupan sosial bermasyarakat kita.

Semakin hari kita menjadi semakin jauh dari kehidupan sosial-kemasyarakatan dan berujung pada keterasingan.

Ini adalah 3 efek samping negatif dari bisnis online di rumah, dengan segera mengetahui hal ini maka kita segera dapat mengambil tindakan untuk mengatasinya. Karena secara kodrati kita adalah mahluk sosial yang harus bergaul dengan lingkungan dan masyarakat kita, terutama keluarga kita.


Sumber: http://EzineArticles.com/1695563

loading...

0 komentar:

Posting Komentar